Tips Merawat Sepeda Motor Matic agar Performa Tetap Bagus

tips merawat sepeda motor matic


Tips Merawat Sepeda Motor Matic -  Tren pemakaian motor matic sudah semakin masif. Baik wanita atau lelaki telah wajar memakai motor itu, sampai pangsa pasarnya juga menaklukkan motor bebek dan motor sport.


Daya magnet khusus motor matic ialah langkah pemakaiannya yang paling gampang. Yang tidak dikenali beberapa orang rupanya perawatan motor matik ini tidak sesederhana penggunaannya. Tersebut penyebabnya keadaan motor matik sisa yang banyak dijumpai di pasar secara umum pada keadaan yang tidak bagus. Ini sudah pasti karena kurangnya pengetahuan pemilik dan pengendara mengenai langkah perawatan motor matic.


Sama seperti yang telah dijumpai jika ada dua tipe motor yaitu motor matic dan motor manual. Di jaman saat ini, baik lelaki atau wanita seringkali memakai motor matic daripada motor manual, karena gampang untuk dipakai.


Tips Merawat Sepeda Motor Matic


1. Rutin panaskan Mesin Motor di pagi hari


Memanasi motor ialah sebuah langkah menjaga dengan memanasi mesin supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin hingga kinerja dari mesin itu lebih optimal. Langkah memanasi motor matic yang bagus ialah panasi motor lebih kurang 5 menit sampai 10 menit dan seharusnya memakai kick stater saja bila memakai stater elektrik tentu saja semakin lebih banyak kurangi baterai dari motor itu.


2. Selalu Gunakan Bensin Berkualitas dan Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar


Bila anda lihat di tanki motor matic Anda akan terlihat tulisan standard bensin yang bagus dipakai, selalu pakai bensin yang sama sesuai dan isikan pada tempat terpercaya. Isikan bensin saat sebelum betul-betul habis, kekurangan bensin khususnya untuk motor berteknologi injeksi akan membuat mesin cepat hancur.


3. Periksalah Shockbreaker Pada Motor Anda


Perawatan seterusnya supaya motor matic Anda masih tetap tahan lama dan berusia panjang dengan lakukan pengecekan pada Shockbreaker atau yang umum dikenali sebagai peredam kejut. Peredam kejut ini mempunyai peranan sebagai mengatur surprise pada motor saat sedang dipakai.


Baca juga :

- 5 Motor Matic Paling Irit, Tangguh dan Nyaman

- 4 Tips Merawat Knalpot Motor agar tidak Mudah Berkarat


Peredam kejut ini seperti tabung yang hendak jalankan perannya saat motor Anda akan membelok atau sedang ada di jalan yang tidak rata. Bila Anda sudah melalui perjalanan dengan keseluruhan kecepatan 10.000 km, sebaiknya selekasnya menukar oli di bagian shockbreaker.


4. Melakukan Servis Berkala Tepat Waktu


Perawatan yang sudah dilakukan saat service periodik motor matic ialah pergantian oli, bersihkan karburator dan setting motor. Kerjakan service sekitaran tiga bulan sekali atau sama sesuai KM yang disarankan, dan janganlah lupa lakukan service di bengkel sah supaya bila membutuhkan pergantian suku cadang telah ditegaskan sebagai suku cadang asli.

Load comments