4 Tips Merawat Knalpot Motor agar tidak Mudah Berkarat

Tips Merawat Knalpot Motor agar tidak Mudah Berkarat


Knalpot sebagai sisi yang riskan terserang karat dan keropos, maka dari itu langkah menjaga knalpot motor supaya gak cepat berkarat yang benar dan baik benar-benar diperlukan.


Knalpot motor yang tidak dirawat secara baik dapat mengakibatkan permasalahan pada pembakaran. Langkah menjaga knalpot motor sebetulnya tidak begitu sulit, namun dibutuhkan kecermatan dalam prakteknya. Sebagai salah satunya bagian utama yang berada di motor, knalpot harus dikasih perhatian lebih yang tidak kalah atas elemen lain seperti mesin.


Walau sebenarnya, knalpot yang berkarat rawan alami kebocoran hingga memunculkan beberapa imbas negatif. Berikut argumen kenapa Anda perlu lakukan perawatan knalpot secara benar. Adapun triknya ialah seperti berikut:


1. Keringkan knalpot setelah kehujanan


Salah satunya rutinitas yang membuat knalpot jadi cepat hancur ialah tidak lakukan pengeringan saat motor terserang hujan. Walau sebenarnya ini benar-benar makan umur dari knalpot, ingat hujan yang turun sekarang ini condong mempunyai kandungan asam yang tinggi hasil pencemaran udara. Oleh karena itu, sesudah motor kehujanan kerjakan pengeringan knalpot dengan berhati-hati.


2. Memanaskan Mesin Secukupnya


Sistem perawatan knalpot seterusnya yang dapat Anda kerjakan ialah memanasi mesin seperlunya. Memanasi mesin bermotor dapat membuat motor itu terbangun dan pada keadaan yang maksimal.


Langkah ini cukup efisien bila dipakai pada motor 4 tidak yang knalpotnya tidak cepat menguning atau berkarat karena terkena panas dari mesin. Pemicunya pemanasan motor dalam saat yang lumayan lama dapat memberi dampak jelek pada motor.


3. Olesi Leher Knalpot dengan Oli


Jika ingin knalpot motor punyai usia lebih panjang, Anda dapat memolesi knalpot memakai oli. Selainnya menahan, memolesi oli pada knalpot bisa juga hilangkan karat yang melekat. Adapun langkah melakukan ialah hidupkan motor Anda sepanjang beberapa saat sampai mesinnya mulai panas.


Baca juga :

- 5 Tips Memilih Wiper Mobil yang Bagus

- Daftar Ukuran Wiper untuk Berbagai Merk dan Jenis Mobil


4. Pastikan Drainase Tidak Buntu


Tiap knalpot tentu mempunyai lubang kecil di ujung bawah silencer dekat leher knalpot. Apa peranan drainase? Drainase bekerja menyalurkan air yang masuk ke silencer supaya tidak tergenangi.


Maka misalkan Anda membersihkan motor atau motor lewat kubangan air yang dalam sampai air masuk ke knalpot, karena itu air didalamnya akan dibuang lewat drainase.

Load comments