Yuk Intip Ulasan Google Pixel 9 Series, Hp Terbaru yang Mirip iPhone

ulasan google pixel 9


Oke, jadi Google baru saja merilis empat HP barunya yaitu Google Pixel 9, 9 Pro, 9 Pro XL, dan 9 Pro 4. Untungnya, saya sempat mencoba beberapa HP tersebut dan saatnya untuk membagikan impresi kepada kalian beserta informasi-informasi menarik tentang HP-Hp ini. Beberapa fitur barunya sangat mengesankan dan cukup unik. Yuk, kita bahas lebih dalam!


Desain dan Ukuran yang Menarik


Kita mulai dari yang paling menarik, yaitu versi Pro. Untuk modul kameranya, sekarang ada perubahannya. Sudah tidak menyambung lagi ke frame samping seperti Pixel 8 Pro dulu, melainkan sudah seperti modul kamera HP biasa yang menonjol. Walaupun sebenarnya masih tetap unik, karena sudah jarang melihat HP dengan modul kamera yang panjang ke samping. Desain keseluruhan sekarang menjadi lebih kotak, berbeda dengan 8 Pro yang lebih banyak lengkungannya. Jelas lebih nyaman digenggam di 8 Pro, sedangkan 9 Pro ini lebih banyak sudut-sudut tajam, dan kita merasa lebih mirip seperti iPhone.


Bagian belakangnya memiliki finishing dengan frame aluminium yang glossy. Dari sisi layar, masih flat seperti 8 Pro dengan bezel yang cukup simetris. Untuk ukurannya, jika kita lihat, 9 Pro XL ini lebih mendekati 8 Pro yang sedikit lebih besar, yaitu 6,8 inci dibandingkan 8 Pro yang 6,7 inci. Oh ya, untuk Pixel 9 Pro yang non-XL, dia ada di 6,3 inci. Dari angka, terlihat bahwa 9 Pro XL lebih tinggi sekitar 10 mm dan lebih lebar 4 mm dengan ketebalan yang mirip di 8,5 mm. Untuk berat, terasa sedikit selisih 22 gram.


Spesifikasi Pixel 9 Pro dan Pixel 9 Pro XL


Sekarang mari kita lihat spesifikasi yang bisa kalian lihat sendiri di layar. Untuk 9 Pro dan Pro XL, yang membedakan hanya ada di layarnya, yaitu 6,3 inci dan 6,8 inci serta ukuran baterainya yang terpaut 360 mAh. Selepas itu, semuanya sama. Kedua model ini menggunakan chipset Tensor G4 dengan RAM fantastis 16 GB, serta kamera 50 megapiksel wide, 48 megapiksel ultrawide, dan telefoto, serta selfie-nya 42 megapiksel dengan autofokus.


Untuk spesifikasi lainnya, ini adalah HP 5G, memiliki sertifikasi IP68, USB-C 3.2, dan mendapatkan update software panjang selama 7 tahun, baik Android maupun security. Satu lagi yang cukup menarik, sekarang fingerprint-nya sudah Ultrasonic, jadi pembacaannya bakal lebih cepat dibandingkan yang optical.


Pixel 9: Versi Reguler yang Menarik


Sebelum kita membahas fitur-fitur baru Pixel yang bakal bikin kalian tercengang, mari kita kenalan sedikit dengan versi regulernya, yaitu Pixel 9. Secara desain, masih sejalan dengan versi Pro karena modulnya sudah tidak menyambung lagi ke frame dan lebih kotak. Hanya saja, perbedaan di sini adalah bagian belakangnya glossy, sedangkan frame-nya matte, jadi kebalikan dari versi Pro.


Untuk ukuran, dia sama persis dengan Pixel 9 Pro. Kalian bisa lihat ukurannya dalam mm dan beratnya hanya beda 1 gram. Layarnya juga sama, memiliki ukuran 6,3 inci. Untuk spesifikasi, mari kita persingkat. Jika dibandingkan dengan yang Pro, untuk layar juga sama-sama 6,3 inci, namun di versi reguler ini bukan LTPO, jadi refresh rate-nya hanya 60 sampai 120 Hz, yang seharusnya berdampak pada konsumsi baterai. Peak brightness selisih 300 nits, yaitu 2.700 nits.


Untuk performa, sama dengan Tensor G4. Baterainya juga sama dengan Pixel 9 Pro, yaitu 4700 mAh, dan kameranya juga sama. Untuk lensa wide dan ultrawide, Pixel 9 ini minus lensa telefoto dan selfie-nya hanya 10 megapiksel, tetapi tetap dia bisa autofokus juga. Untuk sensor wide dan ultrawide, harusnya sama dengan varian Pro-nya karena jika kita perhatikan, besaran sensornya juga sama. Selepas itu, semua sama, sudah Ultrasonic fingerprint, dan update software sampai 7 tahun.


Fitur Baru yang Menarik


Ada beberapa fitur baru yang dikenalkan Google, tapi kita akan bahas beberapa yang menarik saja. Pertama, yang paling wow adalah fitur *Addm*. Intinya, kalian pasti pernah mengalami kondisi di mana ingin foto ramai-ramai tetapi tidak ada orang yang bisa memotret atau malu meminta orang asing. Nah, fitur ini adalah jawabannya. Jadi, pertama kita bisa foto biasa saja, tetapi sisakan ruang kosong sedikit. Setelah itu, kita harus foto sekali lagi, tetapi sekarang sudah ada bayangan dari foto sebelumnya dengan box putih yang menunjukkan frame sebelumnya. Lanjutkan, tinggal pasin saja di ruang kosong tadi dan jepret deh! Nanti kalian bakal mendapatkan tiga foto: foto pertama dan kedua itu yang kita jepret, dan terakhir adalah hasil jadinya. Keren atau enggak?


Selanjutnya, ada fitur *Image* yang mana dari foto yang ada kita bisa seleksi lalu generate gambar sesuai dengan teks yang kita masukkan. Fitur ini benar-benar bikin imajinasi kita melambung tinggi, dan membuat tidak sabar untuk mencobanya langsung. Selain itu, ada *Pixel Studio*, yaitu AI generatif dari teks ke gambar yang cepat juga, dan katanya ini diproses langsung di HP, tidak ada data yang dikirim atau disimpan di cloud.


Terakhir, ada *Pixel Screenshot App* yang mengumpulkan semua screenshot kita dan HP ini bakal membaca informasi-informasi penting yang ada di dalamnya. Saat dibutuhkan, bisa dengan mudah dipanggil lagi sesuai dengan informasi yang kita cari. Bagaimana? Cukup wow, bukan?


Pixel Fold dan Variasi Warna


Sayangnya, juga tidak ada unit display-nya, tetapi dari yang kita lihat sekarang, bentuknya lebih menyerupai HP normal. Ingatkan kita pada Oppo F N3 volt, dan ini sesuatu yang positif. Karena pengalaman menggunakan layar luar hampir sama seperti menggunakan HP batangan biasa. Di dalamnya, terdapat kamera selfie di ujung kanan dengan bezel yang cukup tebal. Namun, bagi kami, ini tidak jadi masalah, agar pegangannya lebih mantap. Paling komplain adalah bezel untuk layar luar yang cukup tebal, dan satu lagi desain belakangnya agak aneh, ya. Kami belum menemukan bentuk yang keren untuk itu.


Untuk spesifikasi, kalian bisa lihat di sini. Memiliki layar luar 6,3 inci dan layar dalam 9 inci yang sudah LTPO. Performanya sama dengan teman-teman lainnya, tetapi sayangnya dari sisi baterai malah yang paling kecil, yaitu 4650 mAh. Sisanya, charging 45 watt dan bisa wireless charging juga. Dari sisi kamera, tidak jauh berbeda dengan HP batangan, yaitu 48 megapiksel wide, 10 megapiksel ultrawide, tele selfie, dan layar depan selfie. Sisanya mirip-mirip HP 5G dengan 7 tahun update software.


google pixel 9 series

Baca juga : Daftar Beberapa Hp Samsung Keluaran Terbaru 2023/2024


Harga dan Pilihan Warna


Untuk harga Pixel 9, dimulai dari 14,2 juta, sedangkan 9 Pro 17,3 juta. Sayangnya, belum ready untuk sekarang, entah kapan baru ada. Katanya sih di tahun 2024 ini juga. Untuk 9 Pro XL, harganya 19 juta untuk varian paling rendah 128 GB, sedangkan varian paling kecil untuk fold seharga 28,5 juta. Ini kami konversi langsung dari harga Google Store Singapura. Pastinya, jika mau dibawa ke Indonesia, bakal di atas itu karena harus membayar ongkir dan pajak agar imei bisa aktif.


Smartwatch dan Pixel Buds Pro


Oh ya, selain HP-Hp tadi, Pixel juga meluncurkan Smartwatch generasi ketiganya dan Pixel Buds Pro generasi kedua. Terakhir, apakah Pixel seri ke-9 ini cukup menarik buat kalian? Yang mana nih jagoannya? Entah kenapa, kami merasa yang lebih worth it itu Pixel 9 reguler. Karena secara kamera untuk wide dan ultrawide-nya itu sama persis dengan varian Pro, paling tidak ada telefoto doang dan refresh rate yang tidak bisa ke 1 Hz. Sisanya, sama-sama memiliki chipset Tensor G4, fitur-fitur menarik yang sudah kami sebutkan sebelumnya, dan update software sampai 7 tahun.


Setuju tidak atau ada pendapat lain? Coba kasih tahu di kolom komentar ya!

Load comments