Langkah Menambah Pengecualian Windows Defender pada Win 10

membuat menambahkan pengecualian windows defender


Kamu punya rencana ingin menambahkan sebuah pengecualian di Windows Defender supaya sebuah file, tipe file, dan folder tertentu tidak selalu terdeteksi sebagai virus. Tapi pastikan Anda sudah yakin dan bertanggung jawab kalau di tempat target daftar pengecualian aman dari bahaya.


Artinya ini bisa kita menfaatkan fitur dari Windows 10 supaya mencegah kesalah pahaman Defender dalam mendeteksi malware di komputer. Misal kita memiliki sebuah program bernama keygen, kerena sering terdeteksi malware, maka dengan pengecualian defender bisa kita menfaatkan agar keygen tidak dianggap sebagai virus.


Ya kurang lebih gambaran dari fungsi pengaturan ini demikian, dan selain di Windows 10 cara ini juga bisa diterapkan pada Windows 11. Baiklah supaya tidak penasaran lagi mari kita coba lakukan bersama-sama dengan teliti.


Cara Menambahkan Pengecualian di Windows Defender


Penting! : Lakukan langkah ini hanya pada file yang Anda yakini aman, sebab menambahkan pengecualian pada file maupun folder tertentu akan membebaskan dari keamanan malware yang dilakukan Windows Defender.


1. Pertama, kita buka menu Star ketikkan di bar pencarian “windows security” tanpa tanda petik, lalu klik untuk membukanya.


menu windows security


2. Nah pada tehap berikutnya, pilih navigasi menu "Virus & threat protection" > lalu klik Manage settings di sebelahnya.



3. Di pengaturan tersebut kita scroll ke bawah sampai ada menu Pengecualian (Exclusion) dan klik tulisan Add or remove exclusions



4. Pada halaman exclusion kita bisa menambah ataupun menghapus file yang mau kita kecualikan dari Windows Defender. Caranya mudah saja, dengan klik Add an sxclusion di samping simbol plus (+)



5. Maka akan muncul menu pilihan untuk menentukan pengecualian yang dikehendaki mulai dari File, Folder, Jenis File (file type), atau Process.


  • File - Kalau kamu pilih file maka sebuah kotak baru akan muncul dan menampilkan file di Desktop dan bisa menelusuri file lainnya dari komputer yang diinginkan.
  • Folder - Untuk opsi ini kita akan memilih berdasarkan berkas atau folder yang mau dikecualikan oleh windows defender, misalnya folder Download atau yang lain.
  • Jenis file - Kalau pilihan ini maksudnya adalah format file, kita akan diminta untuk menentukan jenis file contoh (mp3, MID). Intinya kalau memilih jenis file maka format yang telah kita tentukan semuanya akan dikecualikan. Kita harus hati-hati kalau sampai tidak sengaja memasukkan jenis file program seperti (.exe) mungkin akan malah membahayakan.
  • Proses - Ini maksudnya kita bisa memilih pengecualian pada aplikasi atau program yang sedang berjalan, maka pada kotak jendela baru yang muncul misal untuk Microsoft Edge bisa isikan (msedge.exe) 


Sesudah kita menambahkan pengecualian tentu saja hasilnya akan muncul dalam daftar di Exclusions yang sewaktu-waktu juga bisa dihapus untuk melepas dari pengecualian.


Baca juga : Cara Cek Kapasitas RAM Laptop Windows 10


Kita hanya perlu tentukan salah satu daftar pengecualian, arahkan kursor mouse ke item hingga ada tanda panah muncul, lakukan klik nantinya akan ada tombol Remove (Hapus).


Penutup


Selesai sudah langkah untuk cara menambahkan pengecualian pada Windows Defender, semoga Anda tidak salah dalam menggunakan fitur tersebut. Sebab dengan memberikan pengecualian pada folder atau file tertentu artinya kita melepaskan keamanan yang dilakukan oleh Windows Security. Jadi pastikan Anda melakukan dengan hati-hati dan tanggung jawab sepenuhnya ada di tangan Anda, terima kasih.

Load comments