Cara Membuat Contact Us di Blogger dengan Jotform

Beberapa waktu lalu saya melihat ada beberapa blogger yang mengatakan kalau halaman Contact blogger sedang bermasalah dan tidak dapat bekerja dalam mengirim pesan. Nah kami akan memberikan alternatif yang bagus untuk Anda yang ingin tetap mengaktifkan formulir kontak di blogger.


Platform gratis dari Google ini hingga saat ini masih cukup banyak penggunanya, maka tentu saja akan menjadi kendala jika ada salah satu halaman yang tidak berfungsi dengan baik yaitu halaman kontak. Umumnya fungsi dari pada Contact us di blogger adalah supaya memudahkan ketika ada orang lain ingin menghubungi kita dan nantinya tersalurkan ke Gmail.


Akan tetapi formulir kontak ada juga yang difungsikan ke menerima postingan tamu dan lainnya. Untuk cara membuat contact di Blogger atau Website kali ini kita bekerja sama dengan Jotform dan sudah kami coba ini bekerja dengan baik dan juga gratis. Walaupun memang ada pilihan premium yang berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, tapi untuk versi gratis pun menurut kami sudah sangat cukup untuk sekedar Kontak Formulir Blogger.


Membuat Halaman Kontak Blogger di Jotform


Berikut ini langkah-langkah yang harus dikerjakan untuk memulai cara membuat contact us khususnya pada platform Blogger secara gratis dan mudah.


1. Anda buka jotform.com dan harus membuat akun di sana, bisa langsung daftar dengan akun Google atau Microsoft.


cara membuat contact us blogger


2. Setelah jadi akunnya dan masuk di halaman Jotform, klik menu BUAT FORMULIR.



3. Kemudian di laman berikutnya Anda bisa pilih menu Pakai Template untuk menggunakan tampilan tema contact us yang telah disediakan, akan tetapi untuk membuat yang lebih sederhana dan sesuai selera saran kami pilih “Mulai dari Awal” > lalu pilih "Formulir Klasik"



4. Sekarang kita siap berkreasi untuk memulai menentukan tata letak formulir kontak dengan klik menu Tambah Elemen.



5. Karena kita hanya ingin membuat widget Contact us yang sederhana, maka cukup memilih elemen formulir (1.Nama lengkap, 2.Email, dan 3.Teks Panjang). 



6. Lanjut ke menu PENGATURAN, disini kita akan mengatur supaya kalau ada yang mengirim pesan melalui contact us blogger ada notifikasi di gmail. Maka tambahkan juga alamat email yang aktif anda di sana.



7. Tahap berikutnya adalah PUBLIKASI, langkah ini kita akan mendapatkan kode HTML dan CSS untuk nantinya diterapkan ke halaman postingan Blogger. Caranya klik PUBLIKASI > PLATFORM > Blogger.



8. Lalu salin KODE untuk dipasangkan pada halaman Blogger dengan judul Contact us atau Kontak kami. Buat halaman baru, beri judul, dan pilih Tampilan HTML tempelkan kodennya disana, klik Pratinjau untuk melihat hasilnya. Kalau sudah sesuai klik Publikasikan.



Baca juga : Cara Membuat Favicon Blog Sendiri secara Online


Penutup


Jotform merupakan layanan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat contact us salah satunya Blogger. Anda bisa menggunakannya dengan mudah, walaupun fiturnya terbatas tapi sudah cukup untuk sebuah halaman formulir kontak di website.


Kesimpulannya ini dapat menjadi alternatif yang bagus sebagai pengganti Contact Blogger jika memang dari bawaan sedang mengalami error pastinya pesan dari calon pengiklan jadi tidak masuk. Maka situs jotform bisa jadi pemecah solusi untuk terus melancarkan bisnis kita tetap terjaga dengan baik.

Load comments