Cara Daftar Website/Blog ke Google Search Console

Sudah tahukah kalian apa itu Google Search Console? Ini merupakan sebuah alat dan layanan gratis yang ditawarkan untuk membantu kita sebagai admin blog dalam memantau dan memecahkan setiap masalah terkait situs di hasil penelusuran Google. Maka dari itu untuk bisa melihat dan memelihara situs dengan lebih baik, supaya mendaftarkan ke Google Search Console.


Sebagai pengguna baru mungkin masih terdengar asing dengan alat yang satu ini. Padahal setelah daftarkan blog ke Search Console bisa membantu kita dalam hal SEO dari situs yang sedang kita kelola. 


Pada dasarnya kita tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs kita muncul di hasil penelusuran Google, akan tetapi dengan mendaftarkan blog kita ke GSC (Google Search Console) situs dan postingan akan lebih cepat ter indeks sama mesin pencari.


Cara Daftar Google Search Console


1. Pertama kita bisa langsung buka situs resmi GSC di: https://search.google.com/search-console


2. Setelah masuk dengan akun Google, akan ada dua kotak pilihan yaitu Domain dan Awalan URL (URL prefix). Jika kita masih menggunakan subdomain blogspot maka pilih yang kedua, tapi jika sudah menggunakan custom domain maka bisa pilih Domain atau URL prefix.


3. Disini saya pilih kotak kedua atau "URL prefix" walaupun situs saya sudah custom domain, alasannya karena banyak pilihan verifikasi. Kamu juga bisa pilih kotak pertama dengan catatan kamu bisa memiliki akses ke pengaturan DNS dari domain terkait.


cara daftar google search console


4. Klik tombol Continue (Lanjutkan) untuk menyelesaikan pendaftaran


5. Maka biasanya akan muncul kotak Verify ownership, lalu bisa dipilih metode verifikasi dengan HTML tag


6. Kita copy script meta tag tersebut dan masuk ke menu Tema blogger, kemudian pilih Edit HTML. Letakkan kode script tersebut di Bawah kode <head> dan klik simpan tema


7. Setelah itu kembali lagi ke Google Search Console dengan klik tombol VERIFY, kalau berhasil akan berubah menjadi hijau


Dan akhirnya kita telah berhasil mendaftarkan blog/website ke Google Search Console yang gratis dan mudah dengan harapan setiap postingan yang kita buat lebih cepat terindeks mesin penelusuran.


Apa yang dapat kita lihat setelah Blog tercantum di Search Console?


  • Melihat data traffik penelusuran Google, seperti seberapa sering situs kita muncul di hasil penelusuran, posisi hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu, dan masih banyak lagi.
  • Dapat mengetahui pemberitahuan mengenai masalah pengindeksan, spam, atau masalah lain
  • Melihat link dari luar (eksternal) yang mengarah ke situs kita
  • Dapat memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta indeks ulang pada konten baru atau konten lama yang baru di update.


Apa lagi yang perlu di tambahkan?


- Sitemap / Peta Situs


Sitemap akan menjadi rujukan bagi mesin penelusuran dalam melakukan crawing sebuah blog, dengan menambahkan peta situs atau sitemap biasanya proses indeks akan jadi lebih cepat dan halaman url tidak ada yang terlewatkan.


Untuk memulai menambahkan bisa baca pada artikel ini: Cara Submit Sitemap Blogger ke Google Search Console.


Akhir Kata


Demikianlah cara daftar blog atau website ke Google Search Console, mudah-mudahan setelah ini halaman web kita mudah dirayapi sama mesin pencari baik itu Google maupun mesin penelusuran lain seperti Bing, Yandex, dan lainnya.


Tentunya suatu kebanggaan sebagai penulis blog jika halaman kita mudah ditemukan di hasil penelusuran karena itu akan menaikkan rangking. Terima kasih, semoga tips sederhana dari kita ini bermanfaat.

Load comments